Kamis, 27 Juli 2017

DINAS DUKCAPIL PROVINSI MALUKU UTARA GELAR BIMTEK PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN







TERNATE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Maluku Utara menggelar Bimbingan Teknis Pemanfaatan Data Kependudukan yang dilaksanakan pada Rabu 26 Juli 2017 sampai dengan Jumat 28 Juli 2017 di Hotel Boulevard Ternate. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku Utara dan Dinas Dukcapil Provinsi Maluku Utara.

Gubernur Maluku Utara dalam sambutannya yang dibacakan oleh H. Adam Karim, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Maluku Utara mengatakan bahwa guna mewujudkan tertib Administrasi Kependudukan di daerah, maka Pengelolaan Kegiatan Administrasi Kependudukan sebagai suatu sistem diharapkan dapat memberikan pemenuhan hak-hak administratif penduduk dalam pelayanan publik serta memberikan perlindungan yang berkenaan dengan dokumen kependudukan tanpa ada perlakuan yang diskriminatif, melalui peran aktif pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Dalam sambutan tersebut juga disampaikan bahwa sesuai Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 pemanfaatan data kependudukan meliputi pelayanan publik, perencanaan pembangunan nasional, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi dan pemanfaatan untuk penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Acara bimtek ini menghadirkan Prihantara Arif Budi Santosa selaku narasumber dari Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri

Iksan, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dinas Dukcapil Provinsi Maluku Utara secara terpisah menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Bimtek ini yaitu guna meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah dalam pemanfaatan data kependudukan serta terbentuknya aparatur daerah yang berkembang dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan guna mewujudkan pemanfaatan data kependudukan dalam pelayanan publik.




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Voting Narasumber Award 2020

https://narasumber.diklatonline.id Assalamualaikum Salam Sejahtera Mohon dukungan rekan-rekan, Bapak/Ibu dan Saudara/...